Pasirwangi, daerah dibawah pegunungan Darajat




Pasirwangi adalah wilayah kecamatan yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kecamatan Pasirwangi merupakan pecahan dari Kecamatan Samarang, tetangganya. Cikal bakal Kecamatan Pasirwangi dimulai dari 3 (tiga) desa, yakni : Pasirwangi, Pasirkiamis dan Padasuka yang ketika itu masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Samarang. Ketiga desa tersebut, kini telah bermekaran sehingga menjadi 12 (dua belas) desa. Desa Pasirwangi terpecah menjadi (Pasirwangi, Padaawas, Barusari dan Sirnajaya/Gadog); sementara Desa Pasir Kiamis terpecah menjadi (Pasirkiamis, Karyamekar, Talaga dan Sariwangi); dan Desa Padasuka terpecah menjadi (Padasuka, Padaasih, Padamulya dan Padamukti).


Kecamatan  Pasirwangi  memiliki kemiringin  lahan  sedang  dan  curam, kemiringan lahan sedang yaitu antara 150-250 adalah berada di Desa Pasirkiamis, Desa Padamukti, Desa  Padaasih, Desa Padasuka, Desa Sirnajaya, Desa Padamulya dan Desa Pasirwangi. Kemiringan diatas 250 atau curam yaitu Desa Karyamekar, Desa Sarimukti, Desa Talaga, Desa Padaawas dan Desa Barusari. Adapun  ketinggian  rata-rata kecamatan Pasirwangi adalah  1244,58  meter dari permukaan laut (M Dpl). Dimana  letak  desa  paling  tinggi  yaitu  Desa Karyamekar  dan  terendah  adalah Desa  Padaasih dengan ketinggian 925 M Dpl. Kecamatan  Pasirwangi  merupakan daerah  yang  dekat  dengan  pusat pemerintahan  Kabupaten  Garut,  tentunya  jarak yang di tempuh cukup dekat untuk menuju ke ibukota  Kabupaten,  ditambah lagi dengan kondisi jalan aspal yang dibangun oleh pihak perusahaan, hal  tersebut  menjadikan kecamatan  Pasirwangi  cukup  mudah  untuk menjangkau ibukota Kabupaten. (statda pasirwangi 2011)


Bicara Obyek wisata yang ada di Kecamatan Pasirwangi, tentunya kita akan terbayang pada suatu daerah yang memiliki ketinggian 925 – 1245 M Dpl, dimana udaranya dingin dan hamparan perkebunan sayuran nan hijau yang dapat memanjakan waktu liburan. Objek wisata yang dimiliki Kecamatan Pasirwangi dan cukup terkenal adalah  Kawah Darajat dan Pemandian Air Panas, walaupun sebetulnya masih banyak objek wisata lainnya, seperti  Wisata Agro, Air Terjun, Kuliner maupun lainnya.
Kawah Darajat memiliki kawah yang menghasilkan uap panas serta bentangan pemandangan alamnya yang terdiri dari deretan pegunungan serta perkebunan yang membuatnya menjadi spesial untuk dijadikan salah satu alternatif berwisata ke Kota Dodol. Banyak pengunjung yang datang ke Kawah Darajat melakukan aktifitas seperti trekking, menikmati pemandangan, pemotretan, maupun melakukan penelitian mengenai kawah. Dengan konfigurasi umum lahannya yang berbukit dan berlembah serta memiliki tingkat kecuraman yang sedang dengan stabilitas tanah yang cukup baik. Jika musim kemarau terjadi akan berimplikasi pada produksi uap yang juga berkurang. Meski demikian, kadar produksi uap yang berkurang tak mampu menjadi penghalang pengunjung untuk rekreasi kesini. Kualitas lingkungan dikawasan ini dapat dibilang cukup baik, tingkat kebersihan yang sangat terjaga dan bentang alam yang baik.


Kawah darajat merupakan barisan gunung Papandayan yang mempunyai jenis gunung aktif dengan jumlah kawah 2 buah, disekitar lokasi ini banyak terdapat sumur uap yang biasa digunakan oleh pihak Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP), seperti : PT Chevron Geothermal Indonesia dan PT Indonesia Power.



Akhir tahun, 2009
Redaksi
Sumber : dari beberapa sumber

Nano Sudarno

www.nanosudarno.blogspot.com