Energizer games pada pelatihan di masyarakat





Kegiatan pelatihan-pelatihan bagi peningkatan pengetahuan masyarakat di desa-desa tentunya telah banyak dilakukan oleh lembaga-lembaga pemerintah maupun non pemerintah. Untuk lebih memberikan “stimulant” kepada para peserta, biasanya fasilitator memberikan permainan-permainan yang bersifat pembangkit semangat/gairah dengan tujuan agar para peserta dapat bergairah dan berkonsentrasi pada setiap sesi penyampaian materinya.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di desa-desa tentunya sebagian besar pesertanya-pun adalah masyarakat petani yang terbiasa hari demi harinya bekerja keras (diladang atau disawah). Ketika mereka mengikuti kegiatan pelatihan yang kondisinya hanya duduk, diam dan mendengarkan materi yang disampaikan, biasanya akan membuat para peserta tak bersemangat dan mengantuk. Apalagi konsumsi (sarapan, snack pagi, makan siang, snack siang dan makan malam) di setiap kegiatan pelatihan selalu tersedia tepat waktu bagi para pesertanya.

Pentingnya permainan yang bersifat pembangkit semangat/gairah (energizer) diberikan kepada para peserta pelatihan sebagai maksud untuk dapat merangsang dan membangun  konsentrasi   peserta pelatihan. Permainan yang bersifat pembangkit semangat/gairah ini  akan berfungsi sebagai sarana membangkitkan semangat dari para peserta, maupun untuk meminimalkan kepasifan dari para peserta. Jenis permainan  yang bersifat pembangkit semangat/gairah ini biasanya dibawakan pada saat setelah istirahat makan siang atau pada saat kondisi penyampaian materi yang terlalu menguras konsentrasi peserta.  

Permainan yang bersifat pembangkit semangat/gairah ini merupakan aktivitas yang dapat memancing tawa, dan memberi kesempatan bagi para pesertanya untuk berinteraksi secara aktif dan intensif (karena akan menggerakan indra lainnya selain mata dan telinga). Permainan yang bersifat pembangkit semangat/gairah ini memiliki banyak istilah, selain Energizer games adajuga di istilahkan sebagai ice breaker, pengantar fokus dan lain-lain. Dalam proses bermain, permainan yang bersifat pembangkit semangat/gairah ini memiliki makna-makna, yang apabila diungkap dalam bentuk sharing dengan peserta setelah melakukan kegiatan akan terungkap berbagai pengalaman cukup menarik dari si-pelaku kegiatan permainan tersebut. 

Begitu pentingnya memberikan permainan yang bersifat pembangkit semangat/gairah kepada peserta kegiatan pelatihan hingga banyak kawan-kawan fasilitator berimprovisasi menciptakan beragam permainan baru pada setiap pelatihan yang difasilitasinya.




Desa Labuhan Ratu 7, Lampung Timur

30 Juli 2013

Nano Sudarno

www.nanosudarno.blogspot.com