Kegiatan pelatihan-pelatihan bagi peningkatan pengetahuan masyarakat
di desa-desa tentunya telah banyak dilakukan oleh lembaga-lembaga pemerintah
maupun non pemerintah. Untuk lebih memberikan “stimulant” kepada para peserta, biasanya fasilitator memberikan
permainan-permainan yang bersifat pembangkit semangat/gairah dengan tujuan agar
para peserta dapat bergairah dan berkonsentrasi pada setiap sesi penyampaian
materinya.
Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di desa-desa tentunya sebagian
besar pesertanya-pun adalah masyarakat petani yang terbiasa hari demi harinya
bekerja keras (diladang atau disawah). Ketika mereka mengikuti kegiatan
pelatihan yang kondisinya hanya duduk, diam dan mendengarkan materi yang disampaikan,
biasanya akan membuat para peserta tak bersemangat dan mengantuk. Apalagi
konsumsi (sarapan, snack pagi, makan siang, snack siang dan makan malam) di
setiap kegiatan pelatihan selalu tersedia tepat waktu bagi para pesertanya.
Pentingnya permainan yang bersifat pembangkit semangat/gairah (energizer) diberikan kepada para peserta
pelatihan sebagai maksud untuk dapat merangsang dan membangun konsentrasi
peserta pelatihan. Permainan yang bersifat pembangkit semangat/gairah ini akan berfungsi sebagai sarana membangkitkan
semangat dari para peserta, maupun untuk meminimalkan kepasifan dari para
peserta. Jenis permainan yang bersifat
pembangkit semangat/gairah ini biasanya dibawakan pada saat setelah istirahat
makan siang atau pada saat kondisi penyampaian materi yang terlalu menguras
konsentrasi peserta.
Permainan yang bersifat pembangkit semangat/gairah ini merupakan
aktivitas yang dapat memancing tawa, dan memberi kesempatan bagi para pesertanya
untuk berinteraksi secara aktif dan intensif (karena akan menggerakan indra
lainnya selain mata dan telinga). Permainan yang bersifat pembangkit
semangat/gairah ini memiliki banyak istilah, selain Energizer games adajuga di istilahkan sebagai ice breaker, pengantar fokus dan lain-lain. Dalam proses bermain,
permainan yang bersifat pembangkit semangat/gairah ini memiliki makna-makna,
yang apabila diungkap dalam bentuk sharing dengan peserta setelah melakukan
kegiatan akan terungkap berbagai pengalaman cukup menarik dari si-pelaku
kegiatan permainan tersebut.
Begitu pentingnya memberikan permainan yang bersifat pembangkit
semangat/gairah kepada peserta kegiatan pelatihan hingga banyak kawan-kawan
fasilitator berimprovisasi menciptakan beragam permainan baru pada setiap
pelatihan yang difasilitasinya.
Desa
Labuhan Ratu 7, Lampung Timur
30 Juli
2013